VOIP (voice over internet protocol)

Posted by Puncak Adhi on 20:28 with No comments

VOIP


1. Memahami konsep kerja mikrokontroler server softswitch
Server VoIP Softswitch
  • Pengertian VoIP
  • Kebutuhan perangkat VoIP
  • Konsep kerja server Softswitch
2. Memahami diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
Diagram Komunikasi VoIP :
  • Diagram VoIP
  • Proses kerja dalam komponen diagram VoIP
3. Memahami bagan dan konsep kerja server softswitch berkaitan dengan OBX
Bagan dan Konsep Kerja PBX pada server Softswitch
  • Pengertian PBX
  • Proses kerja PBX server softswitch
  •  
1. Server VoIP Softswitch
  • Pengertian VoIP
          • Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
         • Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon.
  • Kebutuhan perangkat VoIP
         - Hub
         - Router
         - ADSL Modem
         - VoIP phone Adaptor
  • Konsep kerja server Softswitch
          Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu mampu memberikan layanan triple play sekaligus dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi yang berbasis IP.
          Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal adalah bagian software yang mengatur call processing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalam bentuk paket maupun circuit. Industri pertelekomunikasian menyimpulkan cara yang terbaik adalah dengan memisahkan fungsi call processing dari fungsi switching secara fisik dan menghubungkan keduanya elaui suatu protocol standar tersendiri.

2. Diagram Komunikasi VoIP
  • Diagram VoIP
  
  • Proses kerja dalam komponen diagram VoIP
          Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
3. Bagan dan Konsep Kerja PBX pada server Softswitch
  • Pengertian PBX
          PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
  • Proses kerja PBX server softswitch
 
          Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
Manfaat Layanan Telepon Internet 

Ada banyak manfaat dari menggunakan layanan telepon Internet. Mari kita mengetahui 7 manfaat atas menggunakan Layanan Internet Telepon: 

1. Rendah Biaya Panggilan 

Penghematan biaya adalah manfaat utama menggunakan layanan VoIP telepon internet. Sebagian besar bisnis menggunakan VoIP untuk melakukan panggilan jarak jauh dengan biaya yang sangat rendah. Bahkan kita dapat menghemat 80% -90% pada tagihan bulanan telepon dengan menggunakan VoIP. Manfaat ini dinyatakan oleh masyarakat sendiri dalam survei setelah menggunakan VoIP.

2. Keandalan dan Ketersediaan 

Layanan Internet Telepon adalah layanan yang paling dapat diandalkan dan mudah tersedia daripada layanan telepon tradisional. Anda dapat menggunakannya di mana saja dari dunia, bahkan di pesawat juga, hanya satu hal yang perlu Anda miliki adalah koneksi internet. Setelah koneksi internet yang Anda miliki, layanan ini tersedia bagi Anda dan juga sangat bisa diandalkan karena merupakan nirkabel. Sehingga tidak perlu khawatir memiliki rasa takut istirahat pendek atau kawat. 

3. Portabilitas 

Layanan ini portabel. Satu dapat menggunakan layanan VoIP di mana saja setiap tempat di dunia. Ini benar-benar terpisah dengan tempat itu. Bahkan jika Anda ingin menggeser kantor Anda, Anda dapat dengan mudah melakukannya. Jangan khawatir tentang kabel atau alat berat. 

4. skalabilitas
Layanan telepon Internet benar-benar terukur. Jika bisnis Anda berkembang maka Anda dapat membuat nomor yang berbeda untuk karyawan Anda. Dan semua komunikasi internal dalam kantor yang benar-benar bebas biaya. 

5. Mudah Mengelola 

Satu dapat dengan mudah mengelola layanan internet VoIP dan memelihara catatan sangat mudah. Semua catatan panggilan dikelola di komputer. Jadi tidak ada masalah Anda sambil mengelola dan memelihara catatan. 

6. Tinggi Kualitas Suara 

Kualitas suara menggunakan layanan telepon Internet adalah sangat halus dan benar-benar terdengar. Sepertinya orang itu berbicara sambil duduk di samping belakang Anda. Bahkan kadang-kadang, tampaknya ada beberapa masalah saat mendengarkan di telepon tradisional tetapi dalam telepon internet suara sangat jelas. 

7. Fitur Lanjutan 

Ini tidak cukup untuk menggambarkan layanan telepon internet. Ini memiliki fitur lebih canggih yang satu dapat memilih saat memilih rencana. Beberapa fitur berguna dari VoIP adalah: Intercom layanan, Caller ID Nama, 3-way konferensi, Call Transfer, Call Waiting, Auto-Dukun, Surat suara, Call forwarding, jumlah waktu hidup, kunci dan banyak lagi.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN VOIP :
Categories: